Monday, November 24, 2014

Mari Bercocok Tanam Part 1

Persiapkan lahan terlebih dahulu sebelum mulai menanam. persiapan lahan dilakukan dengan cara dicangkul untuk membersihkan tanah dari sisa tanaman sebelumnya dan gulma-gulma lainnya. lihat gambarnya..
Proses Pengolahan Lahan sebelum tanam 1


Setelah lahan benar-benar bersih dari berbagai macam gulma, langkah selanjutnya adalah membuat bedeng (istilah jawa) dengan lebar bedeng 100 cm dan lebar alur bedeng 50 cm, panjangnya menyesuaikan dengan kebutuhan saja. dan jangan lupa gunakan tali agar bedengan tidak berkelok-kelok supaya nantinya terlihat rapih.

Proses Pengolahan Lahan sebelum tanam 2

setelah pembuatan bedeng selesai, proses selanjutnya adalah pemberian pupuk kandang dan kapur tanah. Proses Pengapuran tanah dilakukan setelah lahan sudah bersih dari berbagai macam gulma. terlebih dahulu buatlah lobang dengan cara coak (istilah jawa) dengan jarak 60 x 50 setiap bedengan, lalu taburi pupuk dan kapur.
Proses Pengolahan sebelum tanam 3

setelah semua lubang tanam tertutup oleh kapur, tutup kembali lubang dan ratakan. sebelum memulai proses penanaman lubangilah lubang tanam yang sudah tertutup dengan panja (istilah jawa), hal ini dilakukan pada saat kondisi tanah masih basah sehabis di lab (istilah jawa) untuk memudahkan pengerjaannya. selanjutnya silakan tanam tanaman sayuran atau sejenisnya yang mau anda tanam.


semoga bermanfaat dan sampai jumpa di "Mari Bercocok Tanam Part 2"

No comments:

Post a Comment

MONGGO KOMENTARIPUN, KANGMAS LAN MBAK AYU