Wednesday, February 8, 2012

Ayat al-Qur'an Tentang Perilaku Dermawan

Memahami ayat al-Qur’an tentang prilaku dermawan
Standar kompetensi
- Memahami ayat al-Qur’an tentang prilaku dermawan
Kompetensi Dasar
- Menjelaskan tentang ayat al-Qur’an tentang prilaku dermawan
- Menunjukkan sikap dan prilaku dermawan
Ringkasan Materi
A. QS. Al-Isra’: 26 – 27
1. Terjemahan
26. Dan berikanlah kepada keluarga-keluarga yang dekat akan haknya, kepada orang miskin dan orang yang dalam perjalanan dan janganlah kamu menghambur-hamburkan (hartamu) secara boros.
27. Sesungguhnya pemboros-pemboros itu adalah Saudara-saudara syaitan dan syaitan itu adalah sangat ingkar kepada Tuhannya.



2. Penjelasan
Orang yang beriman mempunyai kewajiban kepada kerabatnya, yaitu memberikan hak mereka. Kerabat adalah keluarga, yaitu yang mempunyai hubungan darah dengan kita, baik hubungan darah dekat maupun jauh. Mereka mempunyai hak kepada keluarganya, salah satunya yaitu bantuan materi. Bila salah satu dari mereka ada yang kekurangan harus dibantu. Mereka harus didahulukan daripada yang lain. Setelah itu barulah perhatian ditujukan kepada yang lain, terutama orang miskin. Orang miskin adalah orang yang tidak mampu memenuhi kebutuhan primernya. Kebutuhan primer adalah kebutuhan dasar seperti makan, pakaian, tempat tinggal, kesehatan dan pendidikan.
Ibnu sabil adalah orang yang terlantar dalam perjalanan. Mereka juga perlu dibantu supaya dapat kembali ke tempat asalnya dan dapat memenuhi kebutuhan hidup seperti biasanya. Bila tidak dibantu mereka dapat menimbulkan masalah sosial, seperti pencurian, gelandangan, pengangguran dan sebagainya. Anak-anak terlantar atau orang-orang gelandangan termasuk ibnu sabil.
Mubadzir maksudnya adalah sebagai berikut:
a. Mengeluarkan pengeluaran lebih dari yang diperlukan. Misalnya membeli makanan lebih dari kebutuhan, yang mengakibatkan makanan menjadi busuk dan terbuang.
b. Mengeluarkan pengeluaran untuk sesuatu yang tidak diperlukan. Misalnya membeli pulpen dua buah padahal yang diperlukan hanya satu.
c. Mengeluarkan pengeluaran untuk sesuatu yang tidak dibenarkan agama, misalkan judi. Akan tetapi membelanjakan kekayaan untuk tujuan yang dibenarkan agama, berapapun besarnya maka hal itu tidak termasuk mubazir.
Kehidupan manusia di dunia hanyalah sementara, kehidupan yang sebenarnya adalah kehidupan di akhirat. Untuk dapat hidup bahagia di akhirat yang diperlukan bukanlah kekayaan melainkan pahala. Orang yang membelanjakan kekayaannya di jalan Allah, berarti telah menabung untuk pahala di akhirat kelak.
Orang yang berbuat mubadzir digolongkan Allah sebagai teman-teman syetan. Artinya, perbuatan mubadzir adalah kebiasaan syetan. Orang yang berbuat mubadzir berarti telah ikut melakukan perbuatan yang telah dilakukan syetan.
Syetan ingkar kepada Allah karena ia sombong dan mengikuti hawa nafsunya. Orang yang berbuat mubadzir adalah teman syetan. Perbuatannya dilakukan karena sombong dan hawa nafsunya, bukan karena ikhlas. Syetan akan dihukum oleh Allah nanti di akhirat karena kesombongan, nafsu dan perbuatan mubadzirnya. Orang yang berbuat mubadzir juga akan bersama-sama syetan menerima siksaan dari Allah di neraka.
Membantu yang paling diutamakan adalah membantu kerabat dan keluarga, sebagaimana rasululloh SAW bersabda:
قَالَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: الصَّدَقَةُ عَلَى المِسْكِيْنَ صَدَقَةٌ وَهِيَ ذِي الرَّحِمِ ثِنْتَانِ صَدَقَةٌ وَصِلَةٌ (رواه الترمذي) فَهُمْ اَلَى بِكَ وَبِبِرِّكَ وَبِاِعْطَائِكَ
Artinya: “Rasululloh SAW bersabda, “Sedekah kepada orang miskin adalah sedekah, dan kepada kerabat ada dua (manfaatnya) sebagai sedekah dan menyambung (kasih sayang)” (HR. Tirmidzi) karena mereka lebih utama bagi (perhatian)mu, kebajikanmu, dan pemberianmu.
Jelaslah bersedekah kepada orang miskin itu penting, tetapi kepada keluarga lebih penting lagi. Fungsi sedekah kepada fakir miskin adalah sedekah, tetapi sedekah kepada kerabat berfungsi dua, sebagai sedekah dan dapat mengokohkan silaturahim. Keluarga juga tidak hanya membutuhkanperhatian materi, mereka juga membutuhkan perhatian yang bersifat immateri seperti kasih sayang, nasihat, arahan dan sebagainya.
B. QS. Al-Isra’: 29 – 30
1. Terjemahan
29. Dan janganlah kamu jadikan tanganmu terbelenggu pada lehermu dan janganlah kamu terlalu mengulurkannya[852] Karena itu kamu menjadi tercela dan menyesal.
30. Sesungguhnya Tuhanmu melapangkan rezki kepada siapa yang dia kehendaki dan menyempitkannya; Sesungguhnya dia Maha mengetahui lagi Maha melihat akan hamba-hamba-Nya.
[852] Maksudnya: jangan kamu terlalu kikir, dan jangan pula terlalu Pemurah.
2. Penjelasan
Ayat 29 surah al-Isra’ di atas menjelaskan tentang bagaimana cara yang tepat dalam menggunakan atau mengelola harta yang dimiliki. Ayat tersebut diawali dengan larangan memebelenggukan tangan ke leher. Maksud ungkapan “Membelenggukan tangan ke leher” adalah pelit atau kikir. Jadi jelas ayat tersebut diawali dengan larangan untuk berbuat pelit atau kikir.
Perlu disadari bahwa harta yang kita miliki adalah nikmat dari Allah. Sebagai nikmat, harta tersebut harus kita syukuri dengan cara menafkahkan sebahagiaannya untuk kepentingan agama dan sosial, seperti memberikan sumbangan pembangunan masjid, sarana pendidikan, santunan fakir miskin dan sebagainya. Selain itu harta juga merupakan amanat, oleh karena itu kita harus mengurusinya dengan benar, antara lain dengan tidak berlaku boros.
Di dalam ayat 29 surah al-Isra’, Allah juga melarang membentangkan tangan dengan selebar-lebarnya. Maksud ungkapan “Membentangkan tangan selebar-lebarnya” adalah boros. Jadi pada ayat tersebut Allah, melarang kita untuk berbuat kikir sekaligus melarang untuk berbuat boros. Sebab kedua sifat tersebut merupakan sifat tercela yang bisa mendatangkan keburukan.
a. Akibat orang yang boros
Akibat orang yang boros, ia akan duduk menjadi tercela dan diliputi penyesalan. Orang yang boros akan terduduk dan tidak berguna lagi dan tidak bisa melakukan apa-apa sebab hartanya telah habis. Sehingga dia menjadi tercela dan tidak dihargai oleh orang lain dan akhirnya ia pun menyesal karena telah terlanjur menghambur-hamburkan hartanya. Ia baru menyadari jikalau keperluannya masih banyak sedang dia sudah tidak bisa berbuat apa-apa lagi. Pada saat itulah dia akan merasakan penyesalan yang luar biasa.
b. Akibat orang yang kikir
Di dalam surah Ali-Imran ayat 180, Allah SWT menerangkan akibat yang akan ditanggung oleh orang yang kikir, yaitu harta yang ia bakhirkan akan dikalungkan kelak di akhirat, Allah berfirman:
Artinya: “Sekali-kali janganlah orang-orang yang bakhil dengan harta yang Allah berikan kepada mereka dari karuniaNya menyangka, bahwa kebakhilan itu baik bagi mereka. Sebenarnya kebakhilan itu adalah buruk bagi mereka. harta yang mereka bakhilkan itu akan dikalungkan kelak di lehernya di hari kiamat. dan kepunyaan Allah-lah segala warisan (yang ada) di langit dan di bumi. dan Allah mengetahui apa yang kamu kerjakan.” (QS. Ali-Imran: 180)
Allah menegaskan bahwa kekayaan yang sengaja ditimbun oleh orang-orang kikir serta tidak mereka keluarkan zakat dan sedekahnya, maka kekayaannya itu akan dikalungkan ke leher-leher mereka di hari akhirat. Mereka akan memanggul kekayaan itu sehingga mereka akan tertatih-tatih dan tidak mampu bergerak dengan cepat untuk menghadap Allah di padang mahsyar, padahal setiap orang pada waktu itu ingin segera menghadap-Nya untuk memperoleh karunia-Nya yang berupa syurga.
Di dalam sebuah riwayat bahkan digambarkan bahwa kekayaan itu akan berubah menjadi ular yang selalu memagut mereka sepanjang perjalanan ke padang mahsyar. Dengan tertatih-tatih berarti mereka juga dipermalukan sebagai orang yang tidak mau membayar zakat dan tidak mau sedekah sewaktu hidup di dunia. Bahkan kekayaannya di neraka akan mencekik mereka sehingga menambah siksaan bagi mereka.
Perlu kita ketahui pula, bahwa di dalam ayat 29 surah al-Isra’ Allah melarang kikir dan boros, berarti ayat ini menghendaki sikap tengah-tengah. Sikap tersebut adalah sikap dermawan. Jadi sikap dermawan adalah sikap di antara kikir dan boros.
Allah SWT melapangkan dan menyempitkan rezeki sesuai dengan kebijaksanaan-Nya. Semuanya berfungsi sebagai ujian. Sanggupkah yang kaya untuk tidak berbuat kikir dan tiddak berbuat boros menggunakan kekayaan yang dimilikinya? Sanggupkah yang disempitkan rezekinya (orang miskin) bersabar, kemudian mau berusaha keras dan tidak berputus asa? Apa yang diberikan oleh Allah SWT, itulah yang terbaik bagi mahluk-Nya. Karena Dialah yang Maha Mengetahui lagi Maha Teliti terhadap kondisi segala mahluk-Nya.
Namun perlu pula diingat bahwa ada kemiskinan diberikan Allah SWT sebagai hukuman kepada manusia. Hal itu antara lain dikarenakan mereka tidak mau mengingat Allah dalam hidup mereka. Firman Allah SWT dalam surah Taha ayat 124 menggambarkan hal itu:
Artinya: “Dan barangsiapa berpaling dari peringatan-Ku, Maka Sesungguhnya baginya penghidupan yang sempit, dan kami akan menghimpunkannya pada hari kiamat dalam keadaan buta.” (QS. Taha: 124)

8 comments:

  1. Exact afternoon fitting mortgages tend to be a make
    of payday loans offered for that four week period interval around unexpected cases.
    These don’t demand the particular proof of situations’ emergency, neither they are
    worth giving surety, credit standing nor other things.
    You'll strategy a vacation, numerous crucial products and services or maybe go over your corporation bills – Exact daytime fitting up loans will assist you to in different cases. Presently a lot of these borrowing products are on hand online.

    Also visit my web blog ... pożyczki bez bik

    ReplyDelete
  2. Exact day time fitting borrowing products are actually a variety of cash advance loans offered for the few weeks stage with unexpected emergency scenarios.
    Individuals don’t need to have the actual proof of situations’ sudden, nor needed surety, credit file or other stuff.
    You could possibly schedule a secondary, a lot of important acquisitions or insure your organization
    costs – Exact same day time fitting loans just might help you in different incidents.
    These days these financial loans can be purchased internet.


    Also visit my web site; pożyczki pozabankowe

    ReplyDelete
  3. Very same afternoon installment fiscal loans are usually a
    type of payday loans furnished for one four weeks phase around unexpected emergency cases.
    People don’t want all the evidence of situations’ crisis, none they want surety, credit standing none
    other things. You will strategy a secondary, a lot
    of important products or even just cover your home business expenses – Similar afternoon payments borrowing products will help
    you in different conditions. Nowadays these personal loans are on hand on
    the web.

    My homepage kredyty bez bik

    ReplyDelete
  4. Equal working day installation mortgages are usually a sort of cash advances provided in a
    month interval for unexpected emergency instances.
    That they don’t call for the proof situations’ urgent situation,
    regulations needed surety, credit ratings nor other things.
    You might program a secondary, numerous very important buying as well as include your business bills – Same exact
    day payment mortgages can assist you in any events. Presently these kind of fiscal loans are obtainable
    on the web.

    My web page :: pożyczka bez bik

    ReplyDelete
  5. Similar time of day set up funds are a form of cash
    loans provided for a calendar month period of time through catastrophe conditions.
    People don’t have to have a proof of situations’ unexpected,
    niether they must be given surety, credit history not other things.
    You'll program a secondary, various vital expenditures or maybe even insure your business interest obligations – Equal day set up borrowing products will help you in any occurrences. Currently these kind of loans are on hand web based.

    Feel free to surf to my site ... kredyty chwilówki

    ReplyDelete
  6. Similar time of day installing personal loans are usually a type
    of cash advances furnished for that four weeks
    span for crisis events. These people don’t call for that proof of situations’ critical, none they are worth giving
    surety, credit history or other stuff. You will arrange
    a secondary, some necessary products and services or even handle your company expenditures – Identical working day installment borrowing products just
    might help you in a instances. At present all these funds
    are accessible on line.

    Here is my webpage; chwilówki

    ReplyDelete
  7. Very same moment installing borrowing products really are a make of payday loans supplied for
    a thirty days time inside unexpected emergency occasions.

    They don’t involve the evidence of situations’ unexpected emergency, regulations they might require surety, credit rating or other stuff.
    Perhaps you may strategy a holiday, a few necessary expenditures or even cover
    up your online business expenditures – Very same time
    fitting up mortgages will assist you in
    any occasions. These days these types of personal loans can be obtained
    over the internet.

    My page pożyczki prywatne

    ReplyDelete
  8. Equivalent morning sequel financial loans usually are
    a sort of cash advances presented on a month span with urgent situation cases.
    That they don’t need typically the evidence of situations’ disaster, not
    needed surety, history of credit neither other things.
    You may method a secondary, a number of critical brings home and even insure your organization payments – Same exact morning installation
    fiscal loans will allow you to in different situations.
    Currently a lot of these borrowing products are presented on the
    net.

    Here is my web site; kredyt bez bik

    ReplyDelete

MONGGO KOMENTARIPUN, KANGMAS LAN MBAK AYU